JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 1, No 1 (2016): Oktober, Sejarah, Sosiologi dan Kajian Sosial

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTsN MEURAXA BANDA ACEH

Nurul Fajri (Unknown)
Anwar Yoesoef (Unknown)
Muhammad Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2017

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Beberapa model pembelajaran  yang dapat diterapkan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, tetapi beberapa sekolah tentu masih ada guru yang menerapkan model pembelajaran  kurang tepat dan kurang menarik dalam proses pembelajaran. Hasil observasi di MTsN Meuraxa Banda Aceh, memperlihatkan proses pembelajaran IPS didalam kelas cendrung membosankan dan kurang menarik perhatian siswa. Model kooperatif tife talking stick dengan strategi joyful learning merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran  IPS kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan  model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning dan untuk mengetahui  seberapa besar pengaruhnya terhadap prestasi  belajar siswa pada mata pelajaran  IPS kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas Kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes yang dilakukan hanya tes akhir (post-test), yang digunakan untuk mengetahui aspek kemampuan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat daripada kelas kontrol. Pada kelas VII-1 (kelas eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 92 persen dan kelas VII-2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 36 persen. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antar variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,96 yang menunjukkan nilai korelasi yang sangat tinggi dan juga diperoleh hasil dari uji hipotesis (uji-t) yaitu thitung 23,72 dan ttabel 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan erat antara variabel X (nilai hasil siswa belajar menggunakan model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning) dan variabel Y (nilai prestasi belajar konvensional). Dari hasil tersebut model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learningmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Talking Stick, Joyful Learning, Prestasi Belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...