JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 5, No 3 (2020): AGUSTUS, 2020, Pendidikan Sejarah dan Media

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Hangaroo Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh

Ajelita Winda Kesuma (Unknown)
Husaini ' (Unknown)
Martunis . (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe permainan hangaroo dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah mixed methods research. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Sampelnya adalah siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 23 siswa.Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data yang diperoleh nilai pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan dk=44, maka diperoleh hasil uji-t yaitu = 4,60 sedangkan nilai  = 1,68. Berarti bahwa  atau 4,60 1,67 dengan kriteria Ha diterima. Dengan demikian, maka penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe permainan hangaroo berpengaruh terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Model pembelajaran kooperatif  tipe permainan hangaroomemerlukan waktu yang cukup panjang, sehingga diharapkan kepada para guru atau fasilitator  agar dapat lebih terampil dalam menciptakan suasana pembelajaran agar waktu yang digunakan dengan efektif dan efisien.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...