Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe permainan hangaroo dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah mixed methods research. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Sampelnya adalah siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 23 siswa.Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data yang diperoleh nilai pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan dk=44, maka diperoleh hasil uji-t yaitu = 4,60 sedangkan nilai = 1,68. Berarti bahwa atau 4,60 1,67 dengan kriteria Ha diterima. Dengan demikian, maka penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe permainan hangaroo berpengaruh terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe permainan hangaroomemerlukan waktu yang cukup panjang, sehingga diharapkan kepada para guru atau fasilitator agar dapat lebih terampil dalam menciptakan suasana pembelajaran agar waktu yang digunakan dengan efektif dan efisien.
Copyrights © 2020