JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 2 (2019): Juni, Budaya dan Sastra

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PLANTET QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

Desmira Annisa (Unknown)
T Abdullah (Unknown)
Anwar Yoesoef (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Plantet Question terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam, Kabupaten Aceh Utara.” ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran aktif tipe Plantet Question terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam, Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam yang berjumlah 126 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis  persamaan persentase. Berdasarkan hasil analisis data angket yang telah dilakukan bahwa nilai rata-rata persentase angket yang diperoleh kelas eksperimen terdapat sebanyak 51,875% peserta didik menyebutkan “sangat setuju” model pembelajaran aktif tipe Plantet Question membuat peserta didik aktif dan inovatif dalam pembelajaran, sebanyak 42,03125% peserta didik menyebutkan “setuju” terhadap model pembelajaran aktif tipe Plantet Question, dan hanya 6,09375% yang mengatakan “tidak setuju”. Hasil yang diperoleh pada kelas kontrol yang memilih “setuju” sebesar 44,4% peserta didik, dan yang memilih “tidak setuju” mencapai 35,8% peserta didik, sedangkan yang memilih “sangat setuju” hanya 19,8% peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Plantet Question terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Berdasarakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan  model pembelajaran aktif tipe Plantet Question memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar IPS siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam, Kabupaten Aceh Utara.Kata Kunci: model pembelajaran, Plantet Question, keaktifan belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...