JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 4 (2019): November, Sejarah Islam dan Peradaban serta Pemikiran Filsafat

PENGARUH STRATEGI GALLERY OF LEARNING (GALERI BELAJAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 INGIN JAYA KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Munijar , (Unknown)
Anwar Yoesoef (Unknown)
Nurasiah . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Strategi Gallery of Learning (Galeri Belajar) Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Ingin Jaya” ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi galeri belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ingin Jaya. Adapun materi yang diajarkan adalah dampak pendudukan Jepang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 46 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol di masing-masing kelas berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Adapun tahap teknik analisis data dalam penelitian ini adaah (1) menghitung rata-rata; (2) menghitung varians dan simpangan baku; (3) uji normalitas sebaran data; (4) uji homogenitas varians; dan uji-t. Berdasarkan tahap analisis data tersebut  maka diperoleh: nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 81,06 : 68,65. Varians dan simpangan baku kelas eksperimen adalah 105,43 dan 10,26 sedangkan kelas kontrol 68,87 dan 8,29. Uji normalitas kelas eksperimen adalah 4,93 dan kelas kontrol 4,51. Uji homogenitas varians tes akhir kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,53 dan hasil uji-t 0,49. Hasil penelitian yang didapati adalah penerapan strategi gallery of earning (galeri belajar) berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ingin Jaya. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data diatas bawah nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sebaran data nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal berdasarkan taraf signifikan X2hitung  ≤ X2tabel yaitu 4,93 ≤ 7,81  dan 4,51 ≤ 7,81, untuk uji homogenitas Fhitung  ≤ Ftabel = 1,53 ≤ 2,03 maka varians data kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen. Hasil uji-t dalam menganalisis pengaruh hasil belajar dengan menggunakan strategi galeri belajar diperoleh uji-t yaitu thitung = 0,49 sedangkan ttabel = 1,68. Berati bahwa thitung ≥ ttabel = 0,49 ≥ 1,68. Dengan demikian sesuai dengan kriteria pengujian maka Ha diterima.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...