Pada era globalisasi yang semakin maju, penting bagi masyarakat untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai budaya dan kewarganegaraan. Sekolah dasar adalah tempat yang ideal untuk membangun pemahaman ini sejak dini. Literasi budaya dan kewarganegaraan merujuk pada pemahaman tentang berbagai aspek budaya dan nilai-nilai kewarganegaraan, serta kemampuan untuk berinteraksi secara efektif dengan individu dari berbagai latar belakang budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi literasi budaya dan kewarganegaraan sebagai upaya dalam mengembangkan keberagaman global di sekolah dasar. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Tiga sekolah dasar di Kabupaten Bandung yang menerapkan program literasi budaya dan kewarganegaraan dipilih sebagai subjek penelitian. Data akan dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait program pendidikan yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi budaya dan kewargaan diimplementasikan dengan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif, pendekatan kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah. Program literasi budaya dan kewarganegaraan memiliki kontribusi yang signifikan dalam pengembangan keberagaman global di sekolah dasar diantaranya meningkatkan pemahaman tentang keberagaman, membangun sikap inklusif dan menghormati, pengembangan keterampilan komunikasi antarbudaya dan mendorong perilaku global yang bertanggung jawab.
Copyrights © 2023