JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 2 (2019): Juni, Budaya dan Sastra

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI NASIONALISME SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

Nabilla Balqis (Unknown)
Anwar Yoesoef (Unknown)
Martunis . (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

 Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Pemahaman Nilai Nasionalisme Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Banda Aceh” ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai nasionalisme siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 90 siswa terdiri dari 3 kelas, dan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPS 2sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini dapat diketahui dari hasil uji hipotesis dengan hasil perhitungan Fhitung Ftabel yakni Fhitung = 1,49 dan Ftabel = 1,85, (2) untuk uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2hitung = 2,33 dan X2tabel  = 7,81 dan uji normalitas kelas eksperimen di peroleh X2hitung  = 2,37 dan X2tabel  = 7,81, maka dapat dikatakan data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, (3) hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 11,1 dan nilai ttabel = 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05 (uji dua pihak) dengan dk = 58 dan kriteria Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)dapat meningkatkan pemahaman nilai nasionalisme siswa, hal ini diketahui dari nilai rata-rata siswa pada setiap kelas setelah dilakukan penelitian. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran value clarification technique (vct) nilai rata-rata siswa adalah 82,1, sementara pada kelas kontrol yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata siswa adalah 59,9.Kata Kunci: model value clarification technique, pemahaman nilai nasionalisme.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...