. Penggunaan media kancing gemerincing dapat mempengaruhi dan motivasi siswa mempelajari materi hidup rukun saling berbagai dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori baru tentang penerapan media kancing gemerincing dalam mempelajari hidup rukun saling berbagi dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 7 Teupah Selatan Kebupaten Simeulue. Tahun Subjek penelitian adalah Siswa kelas II SD Negeri 7 Teupah Selatan Kebupaten Simeulue berjumlah 28 orang siswa, 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian di mulai dari plan, action, observation, refleksi. Hasil penelitian ini melalui media kancing gemerincing mampu mempengaruhi siswa dalam meningkatkan nilai belajar siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menjadikan suatu perbaikan dan perubahan dalam proses pembelajaran. Menggunakan media kancing gemerincing mampu meningkatkan minat belajar siswa proses pembelajaran menjadi lebih baik dan siswa menjadi lebih aktif meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima materi yang disajikan oleh guru di kelas. Siklus I rata-rata nilai afektif C, kognitif 6,7 psikomotor 6,8 dan persen ketuntasan belajar 31,57% dan pertemuan ke 2 hasil rata-rata nilai afektif C, nilai kognatif 6,9, nilai psikomotor 7,1 dan nilai ketuntasan belajar mencapai 47,36%.Siklus II nilai rata pada aspek afektif B, aspek kognitif 7,2, aspek psikomotor 7,3 dan nilai ketuntasan belajar mencapai 63,15% dan nilai rata-rata aspek afektif B, aspek kognitif 7,5 aspek psikomotor 7,7 dan nilai ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84, 21.
Copyrights © 2022