SMA N 10 Muaro Jambi khususnya kelas X memiliki karekteristik yang berbeda, dimana dimasa covid-19 sistem pembelajaran dilaksanakan melalui daring, khususnya kelas X siswa yang baru pindah dari jenjang pendidikan menegah pertama ke pendidikan menegah atas atau SMA sangatlah berbeda, pada saat ini cara belajar yang berbeda guru yang menjadi tenaga pengajar juga berbeda, sehingga disini siwa diharuskan memiliki penyesuaian diri yang baik dan tidak dapat di pisahkan sejak dari lahir seperti percaya diri, kemampuan atau dorongan pada dirinya dan begitu pula dengan belajar Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Ex post facto. Dengan demikian, maka pada penelitian ini akan diungkap keadaan subjek/lapangan sebagaimana adanya, dengan menganalisa data-data yang ada dilapangan tentang penyesuaian diri siswa dengan hasil belajar siswa di SMA N 10 Muaro Jambi. Jadi berdasarkan teknik pengambilan sampel proportional atau berimbang, jumlah sampel untuk penelitian pada siswa kelas X di SMA N 10 Muaro Jambi sebanyak 71 siswa. Berdasarkan hasil penelitian jumlah nilai bobot yang diperoleh adalah sebesar 1958 dengan besarnya nilai persentase rata-rata yang diperoleh adalah 73%. Dengan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel penysuaian diri siswa berada pada tingkatan yang sedang. dengan dk, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,6672 mudah dilihat bahwa 2,292141> 1,6672 maka variable penyesuaian diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat Pengaruh Penyesuaian Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 10 Muaro Jambi
Copyrights © 2023