Penelitian ini membahas tentang penggunaan cerita fantasi meningkatkan kemampuan literasi membaca pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Literasi membaca sendiri merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siswa di Sekolah Dasar untuk menunjang penguasaan materi pada berbagai materi di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang digunakan peneliti untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi siswa di Kelas IV dengan memanfaatkan cerita fantasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup tinggi pada literasi membaca siswa setelah melakukan kegiatan membaca menggunakan cerita fantasi. Cerita fantasi adalah salah satu genre cerita yang banyak digemari anak-anak dengan konsep cerita yang menarik dan imajinatif. Selain konsep cerita hyang menarik, melalui cerita fantasi siswa belajar tentang kosakata baru, alur cerita yang lebih menantang, dan detail tokoh-tokoh asing imajinatif yang membuat siswa lebih mudah memahami secara detail tentang bacaan yang ada.
Copyrights © 2023