Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas IV Di Sdn Cengkareng Barat 03 Pagi

Rika Nadya (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Erdhita Oktrifianty (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Moch Zamroni (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter disiplin siswa. Siswa kelasIV dan guru kelas IV diambil sebagai subjek penelitian di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi. Analisis data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan dalam pembelajaran untuk mengetahui keadaan subjek saat pembelajaran dan mengetahui strategi yang dapat mempengaruhi pembelajaran. Metode wawancara dilakukan jelas untuk mengungkap permasalahan siswa dalam mengatasi kedisiplinan belajar, dan metode dokumentasi digunakan sebagai bukti tambahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk karakter siswa di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi sangatlah beragam. Strategi guru yang dalam pembentukan karakter diaplikasikan dalam pengintegrasian melalui pembelajaran di kelas seperti mendisiplinkan siswa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, menerapkan peraturan jam masuk kelas pukul 07.00 WIB, mendisiplinkan siswa belajar melalui pemberian tugas. Strategi lainnya melalui bentuk (1) keteladanan (2) kegiatan spontan (3) teguran. Peran guru dalam membentuk karakter di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi yakni melalui penerapan tata tertib sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...