Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami permasalahan motivasi belajar yang ditandai kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan belajar, merasa kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu, belajar jika akan dilaksanakan ujian, malas dan sering menunda mengerjakan tugas, kurang pengetahuan mengenai cara belajar yang baik, serta menganggap bahwa belajar merupakan hal yang membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik think pair share terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang. Sampel yang diambil 10 siswa dengan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologi motivasi belajar. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil signifikansi (2- tailed) 0,000 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal (pre-test) dengan variabel akhir (post-test). Dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang setelah diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Think Pair and Share” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.
Copyrights © 2023