Pengajaran membaca Al-Qur’an sekarang ini tampaknya lebih banyak ditangani oleh Lembaga Pendidikan tertentu. Metode yang digunakan pada Lembaga Pendidikan Al-Qur’an juga mengalami perkembangan dan kemajuan, sehingga saat ini terdapat berbagai macam metode dalam pengajaran membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu Madarasah Ibtidaiyah yang beralamat di Jalan Karya jaya Gg. Karya 14 Kelurahan Pangkalan Mansyur Kecamatan Medan Johor, yaitu yaitu sebuah Lembaga menerapkan metode Iqro dalam pengajaran al-Quran. Jumlah anggota yang terdaftar sampai saat ini dilaksanakan penelitian adalah sebanyak 420 siswa yeng terdiri dari 16 rombongan belajar. Teknik yang digunakan dalam penetapan sampel adalah teknik random sampling. teknik ini digunakan agar setiap anggota mempunyai peluang yang sama untuk terpilih sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan system metode iqro dalam pengajaran baca tulis Al Qur’an di MIS Al Kautsar dapat berlangsung dengan baik. Hal ini disebabkan adanya berbagai faktor pendukung, diantaranya adalah faktor sarana dan fasilitas yang dimiliki serta sumber daya dan sumber dana yang memadai.
Copyrights © 2022