Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 2 No. 2 (2022): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Metode Iqra’ Dan Kemampuan Tulis Baca Al-Quran Siswa MIS Al-Kautsar Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor

Ridwan, Ahmad (Unknown)
Prasetyo, Rukmana (Unknown)
Hidayah, Nurul (Unknown)
Jannah, Fathul (Unknown)
Zaini, Abdillah Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Pengajaran membaca Al-Qur’an sekarang ini tampaknya lebih banyak ditangani oleh Lembaga Pendidikan tertentu. Metode yang digunakan pada Lembaga Pendidikan Al-Qur’an juga mengalami perkembangan dan kemajuan, sehingga saat ini terdapat berbagai macam metode dalam pengajaran membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu Madarasah Ibtidaiyah yang beralamat di Jalan Karya jaya Gg. Karya 14 Kelurahan Pangkalan Mansyur Kecamatan Medan Johor, yaitu yaitu sebuah Lembaga menerapkan metode Iqro dalam pengajaran al-Quran. Jumlah anggota yang terdaftar sampai saat ini dilaksanakan penelitian adalah sebanyak 420 siswa yeng terdiri dari 16 rombongan belajar. Teknik yang digunakan dalam penetapan sampel adalah teknik random sampling. teknik ini digunakan agar setiap anggota mempunyai peluang yang sama untuk terpilih sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan system metode iqro dalam pengajaran baca tulis Al Qur’an di MIS Al Kautsar dapat berlangsung dengan baik. Hal ini disebabkan adanya berbagai faktor pendukung, diantaranya adalah faktor sarana dan fasilitas yang dimiliki serta sumber daya dan sumber dana yang memadai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...