Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran interaktif ClassPoint dalam hal meningkatkan aktivitas belajar siswa di Kelas X SMK Negeri 4 Gowa, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian meliputi empat tahap pelaksanaan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ-3 dengan jumlah 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022 yang berlokasi di SMK Negeri 4 Gowa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKJ-3 yang mengikuti pembelajaran dengan Strategi pembelajaran Interaktif ClassPoint pada siklus I termasuk dalam ketegori tinggi. Hasil penelitian ini didukung oleh besarnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan yaitu 42,9% atau sebanyak 15 orang siswa dari 35 siswa. Nilai rata-rata skor siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 5,9. Pada siklus I masih didapatkan siswa yang memiliki nilai pada ketegori rendah yaitu sekitar 28,5% atau sekitar 10 orang siswa. Siklus II mendapatkan siswa yang memperoleh nilai pada ketegori sangat tinggi yaitu sekitar 14,3 dan sudah tidak ditemukan siswa yang memiliki nilai pada kategori sangat rendah. Siswa yang tuntas pada siklus II mencapai 71,4 % atau 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Gowa yang belajar dengan strategi pembelajaran interaktif ClassPoint.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023