Pemilihan model pembelajaran inovatif seperti Flipped Classrom diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Flipped Classroom merupakan model pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya peserta didik mempelajari terlebih dahulu materi pelajaran di rumah sebelum kelas dimulai. Selanjutnya kegiatan pembelajaran di kelas berupa mengerjakan tugas, berdiskusi tentang materi atau masalah yang belum dipahami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan asam-basa (Mata Pelajaran Kimia di SMA). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Tahun Ajaran 2021/2022) yang terdiri dari 8 Kelas. Pengambilan sampel melalui teknik random sehingga diperoleh kelas XI IPA-1 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom dan kelas XI IPA-2 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan google classroom dengan jumlah peserta didik masing-masing 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket motivasi belajar, tes hasil belajar, lembar observasi sikap dan keterampilan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest motivasi belajar dan hasil belajar untuk kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai signifikansi untuk motivasi belajar dan hasil belajar kognitif, dimana memberikan indikasi bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023