Keterampilan membaca di Indonesia masih rendah karena kurangnya penggunaan bahan ajar yang inovatif, kreatif dan efektif. Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah belum adanya materi pembelajaran bagi siswa untuk meningkatkan kecepatan membaca. Membaca cepat juga merupakan upaya membaca sendiri untuk meningkatkan keterampilan yang ada didalamnya. Membaca cepat sangat perlu diajarkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif dengan siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media photobook berbasis pop-up. Evolusi media mendongeng visual pop-up dirancang dengan visual yang menarik dan konten cerita yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Perkembangan media cerita bergambar pop-up dikembangkan berdasarkan permasalahan yang muncul pada lapisan atasnya. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kualitas, proses dan efisiensi dalam pengembangan media cerita bergambar berbasis pop-up untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat di kelas tinggi sekolah dasar.
Copyrights © 2023