Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULU MORO’O

Jenifer Paulina Gulo (Universitas Nias)
Toroziduhu Waruwu (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2023

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Ulu Moro’o ditemukan beberapa permasalahan antara lain yaitu: (1) Kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru. (2) Nilai rata-rata peserta didik masih tergolong dalam kriteria cukup. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.  (2) Mendeskripsikan nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.  Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Ulu Moro’o. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-B yang berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Instrumen penelitian: (1) Lembaran observasi, (2) Tes hasil belajar peserta didik, (3) Lembaran panduan wawancara. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA di Siklus I rata-rata persentasenya yaitu 56,25% dengan kriteria kurang dan Siklus II rata-rata persentasenya yaitu 85,42%  dengan kriteria baik. (2) Nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA di Siklus I yaitu 69,42 dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 81,25 dengan kriteria baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...