Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Ulu Moro’o ditemukan beberapa permasalahan antara lain yaitu: (1) Kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru. (2) Nilai rata-rata peserta didik masih tergolong dalam kriteria cukup. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. (2) Mendeskripsikan nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Ulu Moro’o. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-B yang berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Instrumen penelitian: (1) Lembaran observasi, (2) Tes hasil belajar peserta didik, (3) Lembaran panduan wawancara. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA di Siklus I rata-rata persentasenya yaitu 56,25% dengan kriteria kurang dan Siklus II rata-rata persentasenya yaitu 85,42% dengan kriteria baik. (2) Nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA di Siklus I yaitu 69,42 dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 81,25 dengan kriteria baik.
Copyrights © 2023