Latar belakang penelitian yaitu berkenaan dengan Bantuk Penyajian Tari Giha Mayau serta Nilai Pendidikan Karakter Tari Giha Mayau. Tari Giha Mayau merupakan tari anak garapan baru yang diciptakan oleh Qoriyatun Ardita S. Pd dan Nisa Shadin S. Pd pada tahun 2021 pada saat mengikuti perlombaan tari anak tingkat SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan bentuk penyajian tari Giha Mayau dan 2) menjelasan nilai-nilai Pendidikan Karakter pada tari Giha Mayau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) tari Giha Mayau merupakan tari anak yang dibuat untuk mengikuti lomba tari anak tingkat SD pada tahun 2021 yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan.dan meraih juara 2. Tema tari adalah permainan anak dengan gerak berpijak pada gerak tradisi Banjar yang dipadukan dengan stilisasi permainan anak. Tata busana sederhana sesuai tema, dan memasukkan motif khas Kalimantan Selatan yaitu sasirangan.desain lantai, iringan musik tari, tata rias dan busana, properti tari, tata cahaya, ruang pentas dan penari. (3) dari hasil analisis bentuk penyajian tari dapat disimpulkan nilai yang terkandung pendidikan karakter terdapat pada ragam gerak tari, properti tari dan iringan musik tari. Nilai pendidikan karakter pada ragam gerak tari yaitu nilai bersahabat/ komuniktif, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, peduli lingkungan, tanggung jawab, serta kreatif. Sedangkan nilai pendidikan karakter pada properti tari yaitu ada nilai pendidikan disiplin, kerja keras, kreatif, bersahabat/ komuniktif, serta mandiri. Nilai pendidikan karakter yang terdapat pada iringan musik tari Giha Mayau ini terdapat pada lirik lagu-lagu permainan yang termuat pada tari Giha Mayau ini. tersebut.
Copyrights © 2023