Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pemahaman guru mengenai AKM yang masih rendah dan guru belum dapat mendesain pembelajaran yang selaras dengan AKM sehingga pengimplementasian AKM dalam pembelajaran belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan AKM pada pembelajaran Biologi Kurikulum Merdeka, serta mengetahui kendala dan solusi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan Asesmen Kompetensi Minimum pada pembelajaran biologi aspek perencanaan pelaksanaan AKM, guru dan siswa telah mendapatkan sosialisasi serta sebagian besar guru sudah merubah RPP berorientasi AKM. Aspek implementasi AKM dalam pembelajaran, rata-rata guru telah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan AKM. Aspek penilaian dan evaluasi capaian hasil belajar, rata-rata siswa sudah mencapai kompetensi baik literasi maupun numerasi. Aspek sarana dan prasarana pendukung AKM menunjukkan bahwa pelaksanaan AKM sudah optimal karena sarana dan prasarana yang memadai. Aspek teknis pelaksanaan AKM, rata-rata guru memiliki buku panduan dan menerapkan pembelajaran sesuai dengan buku panduan. Dan aspek kendala pelaksanaan AKM menunjukkan guru merasa terkendala karena kurangnya literasi guru dan siswa, pemilihan media dan model pembelajaran yang kurang tepat, pemahaman siswa yang berbeda-beda, serta rendahnya motivasi belajar pada siswa.
Copyrights © 2023