Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI

Julilian Zebua (Universitas Nias)
Sadiana Lase (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran matematika khususnya materi perpangkatan dan bentuk akar, sehingga kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain pembelajaran matematika berbasis hypothetical learning trajectory (HLT) di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research. Dalam metode design research, ada tiga tahap yang lakukan yaitu tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-i. Pada penelitian ini, peneliti membuat HLT sebagai dugaan awal dari aktivitas pembelajaran yang dilakukan sehingga didapatkan desain pembelajaran yang diharapkan. Dari hasil kerja beberapa kelompok diperoleh bahwa sebagian besar peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran, serta menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan materi perpangkatan dan bentuk akar. Hasil analisis retrospektif menunjukkan desain pembelajaran yang dibuat memberikan perubahan positif terhadap peserta didik kelas IX-i dalam memahami materi perpangkatan dan bentuk akar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...