Penelitian ini dilatar belakangi oleh, kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran matematika khususnya materi perpangkatan dan bentuk akar, sehingga kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain pembelajaran matematika berbasis hypothetical learning trajectory (HLT) di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research. Dalam metode design research, ada tiga tahap yang lakukan yaitu tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-i. Pada penelitian ini, peneliti membuat HLT sebagai dugaan awal dari aktivitas pembelajaran yang dilakukan sehingga didapatkan desain pembelajaran yang diharapkan. Dari hasil kerja beberapa kelompok diperoleh bahwa sebagian besar peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran, serta menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan materi perpangkatan dan bentuk akar. Hasil analisis retrospektif menunjukkan desain pembelajaran yang dibuat memberikan perubahan positif terhadap peserta didik kelas IX-i dalam memahami materi perpangkatan dan bentuk akar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023