Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

Penanaman Sikap Nasionalisme Dalam Menghargai Perbedaan Dalam Pembelajaran IPS

Ely Novita (Unknown)
Indari (Unknown)
ST. Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Persepsi siswa tentang sikap nasionalisme dalam menghargai perbedaan berbeda-beda karena fungsi dari adanya nasionalisme selain menghargai perbedaan-perbedaan antar kelompok yang lain juga perwujudan nilai-nilai dasar yang berorientasi kepada kepentingan bersama dan menghindarkan segala legalisasi kepentingan pribadi yang merusak tatanan kehidupan bersama. Tetapi seringkali para siswa belum memahami adanya nasionalisme yang mengakibatkan mereka bersiap individualistik. Dari sekian banyak masalah peneliti memfokuskan pada penanaman sikap nasionalisme dalam menghargai perbedaan di dalam pembelajaran IPS. Tujuan penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui manfaat dari sikap nasionalisme dan juga dengan adanya pelajaran IPS para guru bisa menanamkan sikap nasionalisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa cara guru menanamkan sikap nasionalisme menggunakan pembiasaan, keteladanan, memberikan contok kontekstual, penggunaan cerita dalam pembelajaran dan adanya pemanfaatan sumber belajar. Selain itu guru juga menanamkan nilai-nilai dalam menghargai perbedaan dengan cara menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi, mengajarkan kejujuran dan pentingnya persatuan dan kesatuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...