Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran menyimak dongeng. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa pada keterampilan menyimak dongeng di sekolah dasar. Siswa merasa pembelajaran menyimak dongeng yang seharusnya menarik menjadi pembelajaran yang membosankan karena hanya dilaksanakan dengan metode ceramah. Padahal pembelajaran menyimak cerita, seperti dongeng dapat dilakukan guru melalui penggunaan media audiovisual film dongeng anak. Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada kemampuan menyimak dongeng di kelas III SDN-3 Menteng Palangkaraya melalui penggunaan media audiovisual film dongeng anak. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada subjek penelitian berjumlah 15 siswa kelas III di SDN-3 Menteng Palangkaraya tahun pelajaran 2022/2023. Waktu penelitian ini dimulai dari tahap persiapan hingga pelaporan hasil penelitian dilakukan selama 6 bulan, yakni mulai bulan Maret s.d Agustus 2022. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak dongeng di setiap siklus. Ketuntasan belajar di siklus I hanya 60% dengan rata-rata kelas mencapai 69, dan meningkat setelah dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu 93% tuntas dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual film dongeng anak secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak dongeng pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN-3 Menteng tahun pelajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023