Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peran aktif matematika dalam berbagai bidang. Namun, matematika sering dianggap abstrak dan tidak langsung terkait dengan kehidupan sehari-hari. Metode etnomatematika menghubungkan budaya dengan matematika dan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Studi ini berfokus pada eksplorasi etnomatematika dalam upacara tradisional Jawa "Tedhak Siten" di Sumatera Utara. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi, prosesi dan konsep matematika dalam upacara ini dijabarkan dan dianalisis. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ada berbagai aplikasi konsep ilmu matematika seperti menghitung waktu pelaksanaan Tedhak Siten, konsep peluang dalam salah satu tahapannya, dan konsep geometri dalam alat yang digunakan dalam tahapannya. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu guru mengajar matematika dengan cara yang lebih kontekstual dan menarik. Siswa juga dapat lebih mudah menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari mereka, memahami relevansi dan kegunaan matematika dalam kehidupan nyata, dan siswa dapat menghargai dan melestarikan budaya bangsa.
Copyrights © 2023