Studi ini membahas tentang pembentukan karakter religius pada siswa madrasah ibtidaiyah Al Muttaqin Gunungsari Kabupaten Serang – Banten ditinjau dari teori belajar behavioristik dimana teori ini mengedepankan perubahan prilaku yang nampak sebagai konsekuensi dari hasil belajar dengan polanya yang terkenal yaitu stimulus-respon. Pada studi ini peneliti fokus pada pola pembentukan karakter religius siswa yang dilaksanakan di sekolah yang dijadikan tempat penelitian, program-program dan pola pendidikan tersebut akan disandingkan dengan teori belajar behavioristik. peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitan ini dengan jenis penelitan deskriptif, peneliti melakukan pengamatan langsung (observasi), wawancara kepada kepala sekolah, guru-guru serta dokumentasi, data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi. Hasil penelitan menunjukan bahwa Penerapan pendidikan karakter religius siswa di madrasah ibtidaiyah Al Muttaqin menggunakan pola pembiasaan terhadap kegiatan keagamaan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus, nilai-nilai agama diajarkan melalui pembelajaran formal maupun non-formal, serta kolaborasi antara satuan pendidikan dan wali siswa. dari upaya tersebut menghasilkan terbentuknya sikap religius siswa terlihat dari taat beribadah seperti salat berjamaah, menghafal Alquran, dan selalu ikut serta kegiatan keagamaan.
Copyrights © 2023