Sanskara Manajemen dan Bisnis
Vol. 1 No. 03 (2023): Sanskara Manajemen dan Bisnis (SMB)

Strategi Kolaboratif dalam Mendorong Inovasi Bisnis di Industri Kreatif: Kajian Kualitatif pada Perusahaan Desain Grafis

Mochamad Suryadharma (The London School of Public Relations (LSPR))
Ayu Ngurah Quintina Asthiti (The London School of Public Relations (LSPR))
Adi Nugroho Susanto Putro (STAB Negeri Raden Wijaya)
Arief Yanto Rukmana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM)
Romi Mesra (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Industri kreatif telah muncul sebagai kekuatan transformatif yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan budaya di kota-kota di seluruh dunia. Perusahaan desain grafis, sebagai pemain kunci di sektor yang dinamis ini, berada di garis terdepan dalam mendorong inovasi bisnis. Strategi kolaboratif telah diakui sebagai hal yang penting dalam mendorong inovasi dalam industri kreatif. Studi kualitatif ini menyelidiki strategi kolaboratif yang digunakan oleh perusahaan desain grafis di Kota Bandung, Indonesia, untuk mendorong inovasi bisnis. Melalui wawancara mendalam dengan perwakilan dari perusahaan terpilih, studi ini mengidentifikasi kolaborasi lintas disiplin, kreasi bersama dengan klien, jaringan dengan pemangku kepentingan eksternal, dan budaya kerja yang terbuka dan inklusif sebagai tema utama yang berkontribusi pada inovasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

smb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Sanskara Manajemen dan Bisnis dengan nomor registrasi ISSN 2963-024X (Online) dan ISSN 2985-7783 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Manajemen dan Bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Maret-Juni, Juli-Oktober, dan ...