Kurikulum Merdeka adalah inisiatif pemerintah Indonesia untuk memberikan kebebasan pada sekolah-sekolah dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan karakteristik siswa. Dalam konteks pembelajaran matematika, Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan bagi sekolah untuk mengembangkan pendekatan dan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran matematika yang tepat dan menyenangkan dalam mengimplementasikan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada guru yang mengajar materi Himpunan di kelas VIII SMP Kristen Petra Jombang pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali pembelajaran dengan menyapa, memberi salam, berdoa, melakukan apersepsi dan memotivasi siswa dengan menanyakan pengetahuan awal dan memotivasi siswa. Selanjutnya, melalui model PBL Subjek mengajak siswa aktif berdiskusi dengan kelompok dalam melakukan suatu kegiatan terkait dengan materi yang dipelajari, namun tidak menyampaikan KKTP kembali sebelum masuk ke kegiatan inti pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik, menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi, Subjek membuat catatan-catatan kecil mengenai ketercapaian siswa dan merencanakan tindak lanjut dipertemuan yang akan datang dengan memberikan diferensiasi tingkat kesulitan konten sehingga tidak memberikan tindak lanjut berupa tugas tambahan,  memberikan penilaian autentik selama proses pembelajaran dengan mengamati sikap siswa dan melakukan penilaian baik aktivitas individu ataupun kelompok. Tahap akhir Subjek memberikan kesempatan siswa untuk menyajikan hasil pekerjaan kelompok sesuai dengan minat, bakat dan gaya belajar siswa, sehingga siswa ada yang menyajikannya berupa tulisan, canva, dan lain sebagainya. Subjek melakukan aktivitas pembelajaran sesuai alokasi waktu dan menutupnya dengan berdoa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023