Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 5, No 1 (2023): Fifth Prosiding Conference on Research and Community Services

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN KOOPERATIF TIPE TPS

Rizky Nur Fataqul Putri (Unknown)
Rifa Nurmilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Solomon Four Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kognitif. Tes dilakukan untuk kedua kelas eksperimen, kelas IX-F sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran PBL menggunakan pretest-posttest. Sedangkan pada kelas IX-E sebagai kelas ekperimen 2 menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe TPS menggunakan posttest.  Pengambilan sampel pada penelitian ini meggunakan teknik sample convenience. Data dianalisis dengan menggunakan uji t sampel bebas dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS menghasilkan nilai Sig. 0,035<0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan Kooperatif tipe TPS di SMP Negeri 1 Sukorame Lamongan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...