Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga siswa merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Variasi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu penggunaan media pembelajaran software Geometer’s Sketchpad, karena software tersebut merupakan software matematika yang cukup interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan software Geometer’s Sketchpad terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, serta menggunakan rancangan penelitian True Experimental Design dengan tipe Posttest Only Control Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini 58 siswa dengan 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling yaitu Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal post test yang telah diuji validitasnya menggunakan uji coba instrumen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa ada pengaruh penggunaan software Geometer’s Sketchpad terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng.
Copyrights © 2023