Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 9 No. 2 (2023)

Peranan Family Theraphy Terhadap Perbaikan Perilaku Siswa Kelas VII MTsN 4 Gunungkidul

Siti Nurrohmah (MTsN 3 Gunungkidul)
Rahmat Mulyono (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku negatif siswa dengan menggunakan terapi keluarga pada siswa kelas VII MTsN 4 Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus II yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah siswa DB yang berperilaku negatif, sering mengganggu teman di kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Tahap terapi keluarga meliputi pengkajian, diagnosis, intervensi dan evaluasi. Diagnosis kasusnya adalah adanya pola asuh yang salah dan sistem keluarga yang lemah dimana orang tua mengalah pada anaknya. Pada siklus I intervensi dengan ikut guru BK bersama orang tua dalam menerapkan reward and punishment di rumah. Reaksi siswa menarik diri di kelas, absen 3 hari tapi sudah mulai santun dengan orang tua. Pada siklus II minggu ke-3 dilakukan intervensi perilaku dengan beberapa reward seperti merayakan ulang tahun. Reaksi DB mulai membaur di kelas dan perilaku negatif berkurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terapi keluarga dapat meningkatkan perilaku negatif siswa kelas VII MTsN 4 Gunungkidul.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...