Karimah Tauhid
Vol. 1 No. 4 (2022): Karimah Tauhid

Social Media Marketing UKM Chika Furniture Melalui Instagram

Anis Cahyani (Universitas Djuanda Bogor)
Desi Hasbiyah (Universitas Djuanda)
Ali Alamsyah Kusumadinata (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Setiap usaha yang menawarkan produk atau jasa tentu menginginkan brand dari produk atau jasanya tersebut diketahui oleh semua orang, begitu pula dengan Chika Furniture. Di jaman perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, semakin banyak pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial untuk kegiatan bisnis, tak terpungkiri persaingan bisnis melalui media sosial pun semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah pengguna sosial media untuk bisnis. Chika Furniture juga perlu memiliki komunikasi pemasaran yang mengikuti perkembangan jaman dan efektif dalam kegiatan promosinya agar brand-nya semakin diketahui oleh masyarakat luas. Chika Furniture berdiri sebagai UKM yang memproduksi sofa atau furniture berasal dari Cicurug, Sukabumi. Oleh karena itu, Chika Furniture melakukan strategi komunikasi pemasaran yaitu social media marketing, dimana ini bertujuan agar masyarakat terutama di media sosial semakin mengetahui keberadaan merek Chika Furniture sebagai brand sofa atau furniture. Pada penelitian ini berfokus pada Instagram @chika_furniture. Melalui akun @chika_furniture, peneliti ingin mengamati social media marketing yang digunakan Chika Furniture melalui Instagram. Peneliti mengharapkan penelitian ini mampu memberikan informasi dan referensi untuk penelitian selanjutnya, serta masukan bagi Chika Furniture dalam melakukan social media marketing melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan perolehan data melalui wawancara. Dalam kegiatan promosinya Chika Furniture melakukan komunikasi pemasaran menggunakan social media marketing melalui Instagram untuk menyebarkan informasi terkait produk sofa atau furniture-nya melalui unggahan postingan di Instagram. Hal ini dapat membuat brand Chika Furniture semakin diketahui masyarakat luas. Selain itu, brand awareness dan peningkatan penjualan juga dapat ditentukan lewat social media marketing melalui Instagram. Kata kunci: social media marketing, Instagram

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...