Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK

Ma’rifah, Faidatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Sejak Indonesia merdeka kurikulum pendidikan di Indonesia telah berulang kali diubah. perubahan-perubahan tersebut hanya bertujuan ingin memperbaiki sistim pendidikan agar peserta didik bisa lebih baik, untuk memperbaiki sistim pendidikan tersebut, mari kita alihkan pandangan pada sejarah pendidikan Islam yang sudah terlewatkan, telah menunjukkan dan membuktikan bahwa umat Islam dapat mencapai zaman kegemilangan dengan menerapkan dan mengikuti metode pendidkan Salafu Shalih. Dengan begitu nilai-nilai pemdidikam Islam yang terkandung dalam sirah Nabawiyah yaitu sistim pendidikan yang sesuai dengan teladan Rasulullah dan sesuai dengan Al-Qur’an sangat diperlukan dalam upaya menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas. penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, salah satu sekolah yang menerapkan sistim pendidikan berbasis sirah Nabawiyah dijaman ini yaitu Kuttab Al-Fatih Tarang Selatan, dengan mempelajari materi iman dan materi Al-Qur’an,sehingga Nilai aqidah (keimanan), nilai ibadah, nilai akhlak, serta nilai sosial peserta didik meningkat, itu semua bisa dicapai dengan berbagai strategi atau metode yang dilakukan oleh para guru seperti metode keteladanan, metode ceramah, pembiasaan dan pendekatan, metode tanya jawab, dan metode berkisah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...