Pada saat pasca pandemic covid-19 di indonesia sangat berdampak pada kelangsungan kehidupan masyarakat, salah satunya pada sektor perekonomian seperti para pelaku usaha mikro, kecil serta menengah (UMKM). Agar usaha Mie Nyaman dapat bertahan dan bersaing untuk mencapai tujuan yang tepat, maka dibutuhkan strategi. Strategi yang dirumuskan dengan mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal dari usaha UMKM tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang digunakan untuk merumuskan alternatif strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan oleh Mie Nyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Matriks IFE dan EFE menunjukkan respon terhadap kondisi internal yang kuat dengan selisih nilai 1,66 dimana faktor kekuatan lebih dominan dan respon terhadap kondisi eksternal yang tinggi dengan selisih nilai 0,99 dimana dominan terhadap peluang. Matriks IE menunjukkan posisi Mie Nyaman berada pada kuadran satu yaitu tumbuh dan membangun. Matriks SWOT menghasilkan tujuh alternatif strategi dengan prioritas strategi yaitu melakukan pengembangan dan inovasi produk yang diperoleh dari hasil analisis matriks QSPM
Copyrights © 2023