Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI UPT SPF SMP NEGERI 35 KOTA MAKASSAR: THE EFFECTIVENESS OF THE HEURISTIC VEE ON SCIENCE LEARNING OUTCOMES FOR CLASS IX STUDENTS AT UPT SPF SMP NEGERI 35 MAKASSAR CITY

Nur Khafifah (Universitas Bosowa)
Sundari Hamid (Universitas Bosowa)
St. Muriati (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Heuristik Vee terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IX di UPT SPF SMP Negeri 35 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yaitu Quasi Eksperimental Design, dengan menggunakan model Post-Test Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.1 dan kelas IX.6 yang masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Heuristik Vee dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee sebesar 83,33. Model pembelajaran Heuristik Vee membuat peserta didik aktif dan merasa dilibatkan dalam pembelajaran karena dalam proses pembelajaran Heuristik Vee peserta didik dilatih untuk berpikir dengan menghubungkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dengan pengetahuan yang sedang dipelajari untuk menyelesaikan suatu masalah-masalah yang diberikan sehingga melatih kemampuan hasil belajar IPA pada peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...