Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES PAROPO

Adriana Eltresno (Universitas Bosowa)
Syahriah Madjid (Universitas Bosowa)
A. Vivit Angreani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Paropo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode expostfacto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Inpres Paropo. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Paropo sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dengan menyebar angket untuk memperoleh data kedisiplinan belajar siswa dan nilai raport semester genap tahun ajaran 2021/2022 untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 56,855 + 0,297X menunjukkan bahwa konstanta (a) bernilai positif yaitu 56,855 menunjukkan pengaruh positif kedisiplinan belajar tehadap hasil belajar siswa, sedangkan koefisien regresi (b) menunjukkan bahwa jika kedisiplinan belajar mengalami kenaikan satu satuan, maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,297. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 5,879 > ttabel = 0,4132, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Paropo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...