Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SDN 8 RINDINGALLO KABUPATEN TORAJA UTARA

Adriany Bakulla (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa)
Muhamad Yunus (Universitas Bosowa)
Susalti Nur Arsyad (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Contextaul teaching and learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn SDN 8 Rindingallo Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif desain eksperimen semu dengan rancangan one-group pretest-posttes design. Dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan contextual teaching and learning memiliki peluang lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibanding dengan model pembelajaran ceramah dan hanya sekedar mencatat pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan Contextual teaching and learning. Dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan Contextual teaching and learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 8 Rindingallo Kabupaten Toraja Utara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...