Surianti. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta Didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Muhammad Yunus dan Susalti Nur Arsyad. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS peserta didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-only Control Group Design, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Divisions dalam peningkatan hasil belajar IPS peserta didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar.
Copyrights © 2023