Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK DI UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II KOTA MAKASSAR

surianti (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Muhammad Yunus (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Susalti Nur Arsyad (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Surianti. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta Didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Muhammad Yunus dan Susalti Nur Arsyad. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS peserta didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-only Control Group Design, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Divisions dalam peningkatan hasil belajar IPS peserta didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...