Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning pada peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2021/2022 di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Desain penelitian meliputi empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yaitu 74,83 pada siklus I dan 93,22 pada siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar yaitu 45,16 sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar yaitu 93,5 yang sudah melampaui indikator keberhasilan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar. Kata kunci: Model discovery learning, Hasil Belajar IPA
Copyrights © 2023