Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar

Mersy Angriani (Unknown)
Sundari Hamid (Universitas Bosowa)
St. Muriati (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Mersy Angriani, 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Inp Galangan Kapal II Kota Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dann Sastra, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Dr. Sundaru Hamid, S.Pd.,M.Si dan St. Muriati, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol dan Kelas V-B senagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pegujian Prasyarat Analisis, Uji Analisis Deskriptif dan Uji Hipotesis. Data yang diperoleh menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret menunjukkan peningkatan dalam hasil belajar IPA pada siswa, karena pada proses pembelajaran siswa lebih semangat dengan model pembelajaran yang berbeda dari biasanya. Berdasarkan penelitian uji hipotesis menggunakan uji -t (Independent sampel t test) didapatkan nilai untuk –thitung > ttabel yaitu -2,560 < 2,000 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di UPT SP SD Inp Galangan Kapal II Kota Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...