Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LANGGE KECAMATAN KALEDUPA SELATAN KABUPATEN WAKATOBI SULAWESI TENGGARA

Yusniar S (Universitas Bosowa)
Syahriah Madjid (Universitas Bosowa)
Asdar Asdar (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Yusniar S. 2022. Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Langge Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Skripsi Program Studi Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa Dibimbing oleh Dr. Dra. Syahriah Madjid, M.Hum dan Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi guru dalam penanaman nilai karakter pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Langge Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Langge Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Dengan jumlah sampel 3 guru. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 06 juni s/d 17 juni 2022 terhitung sebanyak 10 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara berstruktur. Data penelitian yang di kumpul dengan mewancarai dan observasi tersebut menunjukan bahwa strategi guru dalam penanaman nilai karakter pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Langge Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara setelah dilakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV di SD Negeri 1 Langge menanamkan nilai karakter kepada siswa melalui berbagai macam strategi, yaitu keteladanan, kegiatan spontan, pengkondisian, dan pembiasaan. Kata kunci: Strategi, Guru, penanaman karakter, siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...