Agustina Fani Lianty. 2022. Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SPF SD Beroanging Kota Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Fathimah Az-Zahra Nasiruddin dan Jainuddin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Beroanging Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu memberikan tes sebelum diberikan perlakuan yang dimana salah satu kelas menggunakan metode drill. Sampel penlitian ini adalah kelas IV sebanyak 60 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata hasil pre-test 20,17 rendah dan post-test 42,33 kategori sedang, sedangkan di kelas eksperimen dengan menggunakan metode drill yaitu dengan nilai rata-rata pre-test 32,67 rendah dan hasil post-test 80,83 yang termasuk kategori tinggi maka dapat dilihat penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika secara keseluruhan terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya hasil penelitian ini diterapkan dengan metode drill dan menggunakan bantuan SPSS. Dapat juga dilihat dari uji-t diperoleh thitung≥ 0,005 tTabel (8,408≥0,254). Sedangkan nilai Sig (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran drill terhadap hasil belajar matematika kelas IV UPT SPF SD Beroanging Makassar.
Copyrights © 2023