Citra Elfia Saputri. 2023. Pemanfaatan Game Edukasi CES dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Skripsi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Susalti Nur Arsyad dan Ahmad Swandi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan media game edukasi CES terhadap peningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental design one group pretest-posttes, yaitu pemberian tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan media Game Edukasi CES. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 21 orang. Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan angket yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat manfaat media game edukasi CES terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji hipotesis paired sampel t-test diperoleh nilai thitung= -11,612 lebih besar dari pada ttabel= 1,72913. Selain itu juga berdasarkan dengan nilai mean yang didapatkan pada nilai pretest yaitu 49,86 dan posttest yaitu 80,24 hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai mean dari kedua data subjek penelitian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan berupa media game edukasi CES terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat manfaat positif antara media game edukasi CES terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Game edukasi CES, Hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023