Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Upaya Pembinaan Karakter Siswa pada Era Digital di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal IV Makassar

Siti Wahyuni Halik (Pendidikan Guru Sekolah , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Asdar Asdar (Pendidikan Guru Sekolah , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Andi Hamsiah (Pendidikan Guru Sekolah , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Perkembangan era digital berdampak pada segala bidang yang mengharuskan setiap elemen beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Hal tersebut berdampak terhadap karakter. Untuk mengatasi perubahan karakter, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya pembinaan karakter siswa pada era digital di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal IV Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh akan diidentifikasi, kemudian diklasifikasi, dan di analisis dengan reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pembinaan karakter siswa pada era digital, yaitu 1) membentuk dan mengembangkan karakter siswa melalui multimedia interaktif berbasis karakter, menekankan nilai karakter positif pada materi pembelajaran, pembentukan kedisiplinan, pembentukan ketakwaan, pembentukan sosial, pembentukan literasi, dan pengembangan melalui ekstrakurikuler. 2) penguatan dan perbaikan melalui pemberian pujian dan apresiasi dan sosialisasi penggunaan media digital bertanggung jawab. 3) penyaringan karakter melalui pemantauan aktivitas digital dan memperkenalkan budaya lokal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...