Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sa'dan Kabupaten Toraja Utara

Winda Lindung (Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)
Muhammad Yunus (Unknown)
Zose Wirawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Desain penelitian ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS pada proses pembelajaran di kelas dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa, karena siswa dapat memahami materi dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Model pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS membuat siswa aktif dan merasa dilibatkan dalam pembelajaran karena dalam proses pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS siswa dilatih untuk berpikir dan menyelesaikan suatu masalah-masalah yang diberikan dalam proses pembelajaran sehingga melatih kemampuan hasil belajar IPA pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...