Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Upaya Guru Dalam Mengatasi Terjadinya Bullying Pada Peserta didik di Kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar

Sischa Arruan (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)
Susalti Nur Arsyad (PGSD, Universitas Bosowa)
Masni (PGSD, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Sischa Arruan. 2023. Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Upaya Guru Dalam Mengatasi Terjadinya Bullying Pada Peserta didik di Kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Susalti Nur Arsyad S.Pd., M.Pd dan Masni S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penanaman nilai toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta didik di kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Wali Kelas IV, dan Peserta Didik kelas IV. Proses pengumpulan data meliputi obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanaman nilai toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta didik di kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar dilakukan dengan cara menjadi teladan bagi peserta didik dan membantu peserta didik dalam menerima dan menghargai perbedaan sedangkan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta didik dikelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar adalah melalui Pemberian Nasihat, Pengaturan tempat duduk, dan Pemasangan media cetak di dinding sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...