Sischa Arruan. 2023. Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Upaya Guru Dalam Mengatasi Terjadinya Bullying Pada Peserta didik di Kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Susalti Nur Arsyad S.Pd., M.Pd dan Masni S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penanaman nilai toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta didik di kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Wali Kelas IV, dan Peserta Didik kelas IV. Proses pengumpulan data meliputi obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanaman nilai toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta didik di kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar dilakukan dengan cara menjadi teladan bagi peserta didik dan membantu peserta didik dalam menerima dan menghargai perbedaan sedangkan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta didik dikelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar adalah melalui Pemberian Nasihat, Pengaturan tempat duduk, dan Pemasangan media cetak di dinding sekolah.
Copyrights © 2022