Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih rendahnya literasi sains siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran IPA belum optimal untuk mengembangkan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh buku siswa berbasis inkuiri dan literasi sains terhadap literasi sains siswa SMP Kelas VIII di Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan menggunakan rancangan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Sungai Penuh yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian adalah tes berupa soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa buku siswa berbasis inkuiri dan literasi sains efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP Kelas VIII di Kota Sungai Penuh.
Copyrights © 2023