cover
Contact Name
Rezky Ema Wulansari
Contact Email
sariema15@gmail.com
Phone
+6281273552895
Journal Mail Official
vomek@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Jalan Prof.Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Vokasi Mekanika
ISSN : 26561697     EISSN : 26562812     DOI : https://doi.org/10.24036/vomek.v4i3
Jurnal Vokasi Mekanika menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan dan teknologi serta ilmu Keteknikan dalam bidang Teknik Mesin. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi untuk mendiskusikan, mengejar, dan mempromosikan pengetahuan di bidang studi pendidikan teknologi kejuruan dan ilmu Keteknikan dalam bidang Teknik Mesin yang sedang berkembang pada saat sekarang ini. Bahasa naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Harus ada diskusi kritis tentang isu-isu baru dan signifikan dan kontribusi ke bidang terkait. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut: Teori, Strategi, Pendekatan, Metode Atau Model Pembelajaran TVET Penerapan dan Pengembangan Media, Modul, Bahan Ajar dan Buku Ajar Manajemen dan Kebijakan TVET Pengembangan Kurikulum TVET Evaluasi Program dan Pembelajaran TVET Penerapan Teknologi Kejuruan Terkait TVET Pengembangan Profesionalitas Guru TVET Energi dan energi terbarukan Sistem produksi dan Manufaktur Rekayasa bahan Teori dan aplikasi dinamika fluida komputasi Ilmu ilmu Teknik Mesin Lainnya.
Articles 418 Documents
EFEKTIVITAS TUGAS DOSEN PENASEHAT AKADEMIK DENGAN DIBERLAKUKANNYA SISTEM KRS ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNP Miftahul Fikri; Nelvi Erizon; Jasman Jasman; Purwantono Purwantono
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.228 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukannya sistem KRS online yang mana sebagian mahasiswa merasa asing bahkan tidak mengenal dosen PA-nya sendiri, karena mahasiswa tidak memiliki motivasi yang kuat untuk mengenal dan memahami tugas serta tanggung jawab dosen PA. Melihat masalah tersebut, maka dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS Online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 146 orang mahasiswa tahun masuk 2013. Dengan jumlah sampel sebayak 59 orang mahasiswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik Proporsionale random Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert yang menggunakan 5 pilihan jawaban, yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Jumlah pernyataan dalam angket sebanyak 37 butir pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indikator bimbingan akademik berada pada kategori Baik terhadap efektivitas tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS online yaitu 3,08. Indikator bimbingan non akademik berada pada kategori Baik terhadap efektivitas tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS online yaitu 3,10 dan untuk Indikator memberikan bantuan untuk mencapai prestasi yang optimal kategori Baik terhadap efektivitas tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS online yaitu 3.13.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA SMK NEGERI 1 PARIAMAN Yulira Emputri; Ambiyar Ambiyar; Arwizet Arwizet; Bulkia Rahim
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.641 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i1.17

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai hasil belajar siswa. Perolehan nilai gambar teknik siswa kelas X TPM SMK Negeri 1 Pariaman semester genap tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut. Hal ini karena pembelajaran didominasi oleh guru karena menerapkan model pembelajaran dengan metode ceramah, sehingga membatasi aktivitas belajar siswa mengakibatkan hasil belajar siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TPM melalui penerapan model pembelajaran project based learning di SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2017. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa setiap siklusnya dan untuk pengukur data hasil belajar siswa digunakan lembaran tes. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata aktivitas siklus I adalah 60, 47% dan pada siklus II adalah 70,055 siklus III adalah 80,16%. Selain aktivitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 55,00% dengan 22 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 70,00% dengan 28 siswa tuntas pada siklus III 80.00% dengan 32 siswa tuntas. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik di kelas X TPM SMK Negeri 1 Pariaman.
PENERAPAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK BUBUT KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 1 PADANG Irsan Isral; waskito waskito; Syahrul Syahrul; Budi Syahri
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.411 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i1.18

Abstract

Berdasarkan survei peneliti, tampak bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang pasif, melamun, bermain hand phone, ribut, dan sibuk sendiri dengan kegiatannya. Dari total 29 siswa hanya 10 siswa yang tuntas hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan media video yang diharapkan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa dapat pula meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan motivasi belajar siswa setiap siklusnya dan untuk pengukur data hasil belajar siswa digunakan lembaran tes. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata aktivitas siklus I adalah 60,70% dan pada siklus II adalah 80,24%. Selain aktivitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 58,62% dengan 17 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 86,21%dengan 25 siswa tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat teknik bubut di kelas XII TPA SMK N 1 Padang.
PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC 2 AXIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT CNC DASAR SISWA DI SMK NEGERI 5 PADANG yogi erwandi candra; Yufrizal A; Irzal Irzal; Febri Prasetya
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.157 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i1.19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh/perbedaan hasil belajar mata diklat CNC dasar menggunakan media simulator CNC dibandingkan dengan metode konvensional yang berawal dari rendahnya pemahaman siswa terhadap mata diklat CNC dasar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya fasilitas mesin CNC yang memadai untuk proses belajar mengajar, yang kemudian berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only. Tempat penelitian di SMK Negeri 5 Padang. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 Mesin yang terdiri dari 2 (dua) kelas, kelas eksperimen (3M1) dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang menggunakan media simulator CNC 2 Axis dan kelas kontrol (3M2) dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang menggunakan media konvensional. Hasil Penelitian membuktikan bahwa analisis uji-t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 5,118 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan df = 27+27-2 = 52 adalah ttabel(52) = 1,675. Maka thitung> ttabel (5,118 > 1,675), Ho ditolak sekaligus menerima Hi. Berdasarkan hasil analisis uji T tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, antara hasil belajar mata Diklat CNC dasar menggunakan media simulator CNC, dibandingkan dengan media konvensional.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH Supardi Supardi; Arwizet K
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.154 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i2.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dengan hasil belajar pada mata pelajaran perkakas tangan di SMKN 2 Banda Aceh. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian berjumlah 97 orang siswa, dengan total sampel berjumlah 50 orang siswa. Hasil uji reliabilitas sebesar 0.931 berkategori reliabel/handal. Minat belajar berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 81,28 sedangkan skor tengah di peroleh sebesar 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara minat belajarrdengan hasilbbelajar mata pelajaran menggunakannperkakas tangannsiswa kelas X Keahlian TeknikpPemesinan di SMK Negeri 2 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019.
PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS GRASPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MPMB KELAS XI SMK SEMEN PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017 Daniel Fifaldi Nardo; Nizwardi Jalinus; Arwizet K
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.564 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i1.26

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut setelah mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TM1 SMK Semen Padang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian otentik pelaksanaan (project based learning) berupa hasil sikap dan keterampilan. Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pada Siklus I, hasil belajar meningkat dari presentase ketuntasan 52% menjadi 67,74% pada penilaian sikap dan 58% pada penilaian keterampilan. Pada Siklus II, hasil belajar meningkat dari presentase ketuntasan 58% menjadi 77,42% pada penilaian keterampilan dan meningkat dari 67,74 menjadi 74,2 % pada penilaian sikap. Pada Siklus III, hasil belajar meningkat dari presentase ketuntasan 77,42% menjadi 87,1% pada penilaian keterampilan dan meningkat dari 74,2% menjadi 96,77% pada penilaian sikap. Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut.
HUBUNGAN FASILITAS BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT LAS OXY ASETILIN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PENGELASAN SMK NEGERI 2 BANDA ACEH Khairil Anwar; Nelvi Erizon
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.033 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i2.29

Abstract

Fasilitas bengkel merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan hasil ketrampilan siswa. Hubungan fasilitas bengkel terhadap hasil belajar mata diklat Las Oxy Asetilin siswa SMK N 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengungkapkan bagaimana ketersediaan fasilitas bengkel Teknik Pengelasan Oxy Asetilin siswa SMK N 2 Banda Aceh. (2) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK N 2 Banda Aceh.( 3) Mendeskripsikan seberapa besar hubungan fasilitas bengkel terhadap hasil belajar pada mata diklat Las Oxy Asetilin. Jenis penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 27 siswa yang menjadi sampel. Data didapatkan melalui penyebaran angket dan data hasil belajar didapat dari nilai semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 teknik analisis data yaitu korelasi Produk Moment. Hasil uji validitas angket minat belajar siswa diperoleh 32 butir instrumen yang valid dari 40 butir instrumen. Hasil dari uji reabilitas 0,91 maka instrumen penelitian telah raliabel. Hasil belajar pada mata diklat Las Oxy Asetilin yaitu nilai koefisien korelasi > r sebesar (0.78> 0.381) dan nilai uji signifikan korelasi > t sebesar (6,23.> 1.703) pada taraf kepercayaan 5%. Maka hipotesis yang menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara fasilitas bengkel dengan hasil belajar diterima dan ditolak.
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP SARANA BELAJAR GAMBAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK PADAKELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO KABUPATEN TANAH DATAR Herki Mahendra; Syahrul Syahrul; Budi Syahri
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.934 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i2.30

Abstract

Permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya hasil belajar siswa diperkirakan adanya permasalahan yang menyangkut tentang persepsi siswa terhadap sarana belajar Gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap sarana belajar Gambar Teknik Permesinan tahun ajaran 2018/2019 dengan hasil belajar mata diklat Gambar Teknik pada Kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Jenispenelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Sampel diambil dari populasi yang ada dari setiap kelas dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan sampel sebanyak 40 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala likert yang telah di uji validitas dan realibilitasnya. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.00 for windows.Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap sarana Gambar dengan hasil belajar mata diklat Gambar siswa kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Adanya hubungan yang berarti tersebut ditunjukkanoleh perolehan nilai r hitung = 0,454 ≥ r tabel 0,312, maka berdasarkan tabel pedoman interprestasi koefisien korelasi maka tingkat hubungan persepsi siswa terhadap sarana belajar Gambar dengan hasil belajar mata diklat gambar teknik dikategorikan “sedang”
PENERAPAN EVALUASI FORMATIF DAN UMPAN BALIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT TEKNIK PERMESINAN BUBUT SMK NEGERI 5 PADANG Rahmat Rizki; Ambiyar Ambiyar
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.349 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i2.33

Abstract

Berdasarkan survei peneliti, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang kurang serius, melamun, bermain hand phone, ribut dan keluar masuk saat jam pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan evaluasi formatif dan umpan balik dari evaluasi tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2018. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan kreativitas belajar siswa setiap siklusnya dan lembaran tes untuk mengukur hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata kreativitas siklus I adalah 56,69%, siklus II adalah 69,97% dan pada siklus III adalah 81,13%. Selain Kreativitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 56,25% dengan 9 siswa tuntas, pada siklus II adalah 75,00% dengan 12 siswa yang tuntas, dan pada siklus III adalah 87,50% dengan 14 siswa yang tuntas dari total 16 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan evaluasi formatif dan umpan balik dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat teknik permesinan bubut kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 5 Padang.
MINAT SISWA KELAS XII SM KNEGERI 1 PADANG UNTUK BERWIRAUSAHA SETELAH MENAMATKAN PENDIDIKAN Ihsan Isan; Hasanuddin Hasanuddin; Purwantono Purwantono
Jurnal Vokasi Edukasi (VomEk) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Vokasi Mekanika
Publisher : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.616 KB) | DOI: 10.24036/vomek.v1i2.38

Abstract

Pengangguran terjadi karena jumlah penawaran kesempatan kerja baik yang disediakan pemerintah maupun swasta tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang ada. untuk mengatasi masalah tersebut adalah siswa dibekali dengan keterampilan berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif yaitu memberikan gambaran tentang minat siswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang untuk setelah menamatkan pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 orang siswa.Sampel diambil dari keseluruhan jumlah populasi yang ada dari setiap kelasdengan menggunakan rumus Arikunto (2002:120) sehingga didapatkan sampel sebanyak 35 siswa.Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala Likert yang telah di uji validitas dan realibilitasnya.Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistic dengan bantuan computer program SPSS versi 16.0 for windows.Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang untuk berwirausaha setelah menamatkan pendidikan memiliki minat yang baik, jika di lihat dari indikator kategori tentang bakat yaitu sebesar 80,80%. Bila di lihat dari indikator kategori tentang motivasisiswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang untuk berwirausaha memiliki kategori baik yaitu 79,79 % . Pada kategori indikator kebutuhan, siswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang untuk berwirausaha memiliki minat yang baik untuk berwirausah setelah menamatkan pendidikan dengan kategori tinggi yaitu sebesar 75,96%.Sedangkan bila dilihat dari kategori keberhasilan minat Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang untuk berwirausaha setelah menamatkan pendidikan memiliki kategori tinggi yaitu 77,54 %.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa minat Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang untuk berwirausaha setelah menamatkan pendidikan 78,53% dengan di kategorikan tinggi.

Page 1 of 42 | Total Record : 418