Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 2 No. 03 (2023): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Insersi Nilai Disiplin Pendidikan Antikorupsi dalam Mata Pelajaran PPKN untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

Pratiwi, Sindi Aspika Estu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai disiplin Pendidikan Antikorupsi dalam mata pelajaran PPKn dan meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X IPS 1 di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang melibatkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada Siklus I, digunakan model pembelajaran Discovery Learning, yang kemudian ditingkatkan menjadi Project Based Learning pada Siklus II. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan angket kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insersi nilai-nilai disiplin Pendidikan Antikorupsi dalam PPKn dapat dilakukan dengan langkah-langkah inisiatif, keterlibatan peserta didik, dan penyusunan jejaring. Penggunaan Project Based Learning memperbaiki partisipasi peserta didik, sementara penugasan berbasis proyek bertemakan disiplin dalam mendukung implementasi wawasan Nusantara Aspek Politik meningkatkan jejaring. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan peningkatan kedisiplinan siswa, dengan persentase kedisiplinan naik dari 63% pada Siklus I menjadi 71% pada Siklus II. Pengamatan disiplin dalam pembelajaran juga menunjukkan peningkatan dari 2 kejadian positif pada Siklus I menjadi 9 kejadian pada Siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...