Pada era modern, sebuah inovasi perlu untuk terus dilahirkan agar berkembang, baik secara eksternal maupun internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas secara mendalam tentang konstruksi unik dari logo PT VIDIO DOT COM, yang mana telah melangsungkan satu kali proses perubahan logo, dan satu kali proses rekonstruksi atau mastering logo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotik oleh Roland Barthes. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan non partisipasi tak berstruktur, yaitu melalui tahapan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dijabarkan secara kesinambungan melalui penjelasan sisi denotatif, konotatif, serta mitos. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya data yang diperoleh peneliti menghasilkan interpretasi terhadap tanda, objek, dan lambang pada visualisasi yang dikreasikan oleh Vidio, yang sangat mendominasi, sehingga karakteristik unik dan khas dari Vidio, mampu tersaji dengan tepat sebagai identitas dari pelopor perusahaan OTT Indonesia. Melalui strategi ciamik atas penyatuan antara logogram dan logotype, yang dalam penyatuannya 2 tipe logo ini berhasil menyempurnakan tuangan visi Vidio kedalam logo nya. Baik itu flexible, energetic, youngest, sekaligus dinamis, ekspresif, juga everlasting.
Copyrights © 2023