Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model problem-based learning berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Denpasar sebanyak 39 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa meningkat dari refleksi awal ke siklus I dan siklus II. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimum sebesar 75, pada refleksi awal hasil belajar siswa masih berada pada kategori tidak tuntas, yaitu sebesar 34,23. Kemudian pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 76,69 yang berada pada kriteria tuntas. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai sebesar 84,23 yang sudah berada pada kategori tuntas. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sebanyak 30 siswa (76,92%) menjadi 36 siswa (92,31%) pada siklus II. Peningkatan yang terjadi menunjukkan bahwa model problem-based learning berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2023