Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 12 No. 2 (2023): September 2023

Respon Siswa Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran “What-If” dalam Pembelajaran Metode Statistika I

I Putu Ade Andre Payadnya (a:1:{s:5:"en_US"
s:34:"Universitas Mahasaraswati Denpasar"
})

I Made Dharma Atmaja (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Putu Ledyari Noviyanti (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Strategi pembelajaran “What-If” mampu memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana terhadap penerapan strategi pembelajaran “What-If” dalam pembelaharan Metode Statistika I. Desain penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasat semester IIA semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket serta wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 73,75% siswa memberikan respon positif. Beberapa respon dari siswa antara lain: strategi pembelajaran “What-If” mudah diikuti, strategi pembelajaran “What-If” membuat pembelajaran lebih menyenangkan, strategi pembelajaran “What-If” mampu meningkatkan motivasi belajar, strategi pembelajaran “What-If” meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan pemecahan masalah matematika jadi lebih mudah setelah belajar dengan strategi pembelajaran “What-If”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...