Inverted
Vol 3, No 2: Juli 2023

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMOGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMKN 5 GORONTALO

Iskandar, Abdul malik fattah (Unknown)
Lahinta, Agus (Unknown)
Azis Bouty, Abd (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Problem Based Learning pada mata pelajaran pemograman web dan perangkat bergerak. Metode yang akan digunakan di dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model kemmis dan mc. Taggart. yang terdiri dari empat tahapan berbeda-beda. yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas RPL XI yang terdiri dari 24 siswa tempat SMKN 5 Gorontalo. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan presentase hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimum (KKM) secara keseluruhan yakni 64%, pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan presentase hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimum (KKM) secara keseluruhan yakni 82%, hasil belajar siswa secara keseluruhan yang diharapkan, dimana hasil belajar yang di inginkan yakni 85%. Maka penelitian masih akan dilanjutkan ke siklus 3. Selanjutnya pada siklus 3 terdapat peningkatan presentase lagi terhadap hasil belajar siswa secara keseluruhan, dimana mencapai 87% telah mencapai indikator kriteria ketuntasan siswa. Hal ini berarti bahwa tidak perlu melanjutkan tahap siklus selanjutnya. Keberhasilan penelitian ini meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...